SUDAH TEPATKAH PILIHAN SEKOLAH UNTUK ANAK ANDA ?

Setiap awal tahun merupakan awal bagi para orang tua disibukkan dengan mencari sekolah yang tepat untuk anak mereka. Pemilihan sekolah secara selektif dilakukan untuk mendapatkan kursi di sekolah yang memiliki mutu dan kualita yang baik. Namun tak sedikit pula orang tua dipusingkan dengan banyaknya promosi sekolah-sekolah yang masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Tentunya orang tua berharap sekolah yang dipilih akan mampu menjadi tempat mengembangkan kemampuan anak secara optimal. Oleh karena itu berikut penulis akan memberikan kiat-kiat mencari sekolah yang tepat untuk anak :

1. Menentukan visi dan misi keluarga
visi dan misi keluarga merupakan tujuan dan harapan orang tua terhadap jenis sekolah yang tepat untuk anak-anaknya. visi dan misi akan menjadi skala prioritas bagi orang tua untuk mencari sekoalh, sehingga nantinya timbul kesinambungan anatara harapan orang tua dengan sistem sekolah yang dipilih.

2. Mempersiapkan dana yang dimiliki
Visi dan misi keluarga akan terwujud jika diimbangi dengan biaya masuk sekolah yang sesuai dengan kemampuan orang tua. apalagi jika sekolah tersebut termasuk sekolah favorit yang akan mematok biaya yang tidak murah. Oleh karena itu sebelum memilih sekolah, sebaiknya orang tua mengukur kemampuan secara ekonomi.

3. Melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah yang dipilih
kunjungan kesekolah – sekolah ini bertujuan agar orang tua dapat melihat secara langsung kondisi sekolah baik secara visual maupun teknisnya. kunjungan sebaiknya dilakukan minimal 2 kali. Kali pertama, otrangtua berkunjung sendiri tanpa ditemani anak sehingga orang tua bisa mengobservasi sekolah dan mencari informasi yang dibutuhkan. Kali kedua, orang tua berkunjung bersama dengan anak ke sekolah yang kiranya telah menjadi pilihan orang tua. keterlibatan anak dalam memilih sekolahnya sendiri merupakan langkah penting untuk mengetahui sejauh mana rasa nyaman yang dimiliki anak di lingkungannya yang baru nanti. anak juga akan merasa bangga telah diberi kesempatan baginya untuk berpendapat memilih sekolah yang sesuai keinginannya.

Persiapan sebelum memilih sekolah secara intern dalam keluarga telah dibahas sebelumnya. Penulis juga akan memberikan acuan informasu sekolah agar sekolah yang dipilih tepat bagi masa depan anak :

1. Visi dan misi sekolah
visi dan misi pendidikan yang dimiliki sekolah merupakan aspek yang penting untuk mengetahui kualitas sekolah tersebut. makin jelas visi dan misi sekolah tentu saja kualitas pendidikannya makin baik. Apalagi bila alumni lulusan sekolah tersebut membuahkan suatu prestasi.

2. Penerapan pendidikan agama
Di era globalisasi ini syarat alan perkembangan informasi dan komunikasi yang memiliki mobilitas tingggi melebihi perkembangan pendidikan, maka peranan pendidikan agama menjadi sangat penting dalam membentuk karakter dan perilaku anak sehingga anak memiliki kesadaran dan pemahaman yang benar terhadap agama yang diyakininya.

3. Kurikulum dan program sekolah
kurikulum dan program sekolah yang dimiliki suatu sekolah merupakan satu hal yang paling penting untuk menungkatkan kualitas sekolah. Walaupun secara umum telah ditetapkan oleh dinas pendidikan, namun pihak penyelenggara pendidikan dapat melakukan modifikasi kurikulum yang dipadukan dengan sistem pengajaran disekolah. Dari sisi ini tiap sekolah akan menampilakan inovasi kurikulum dan program sekolah yang dimilikinya. Oleh karenanya orang tua harus teliti dan jeli saat menentukan pilihan sekolah. Orang tua harus lebih tahu kebutuhan anak sehingga kemampuan dan perkembangan anak dapat digali secara optimal.

4. Guru
Keberhasilan anak dalam proses belajar tak luput dari peranan seorang guru. Guru harus memiliki kualifikasi dan latar belakang pendidikan yang baik untuk dapat memberikan yang baik pula bagi anak didiknya.Guru yang memahami psikologi anak dan masalah perkembangan anak akan lebih mampu mendidik dan mengajar dibanding dengan guru yang hanya sekedar menyampaikankan materi pelajaran.

5. Fasilitas
sekolah yang baik bukan dilihat dari peraga-peraga sekolah yang mahal keluaran luar negri ataupun fasilitas yang cukup lux. Namun fasilitas disini hanya sebagai pendukung sarana dan pra sarana. sarana dan pra sarana mampu memenuhi kebutuhan siswanya sehingga anak merasa terbantukan dan merasa enjoy, nyaman dan betah serasa dirumah sendiri.

6. Ketertiban dan kebersihan lingkungan
kondisi lingkungan yang aman, tertib dan bersih tentu saja akan mendukung jalannya proses belajar anak. Bisa dibayangkan jika kondisi lingkungan dibuat sebaliknya maka anak akan merasa terganggu dan proses belajar anak kurang optimal.

dari paparan diatas semoga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para orang tua dalm memilih sekolah yang tepat bagi anak-anaknya. SELAMAT MENCOBA !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s