METODE BELAJAR MEMBACA FONIK

Metode ini dikembangkan oleh Sumarti M Thohir, tokoh pendidik lulusan Sastra Indonesia Universitas Brawijaya Malang. Bu Marti demikian panggilannya,adalah tokoh pendidikan yang memiliki banyak pengalaman, tidak hanya didalam negeri tapi juga di Malaysia dan Singapura.
Fonik, begitu sebutannya, tidak hanya mengajarkan anak membaca tpi juga mengajarkan kemampuan berbahasa. Sehingga dengan fonik anak tidak hanya bisa membaca tapi juga bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Lalu, mengapa harus fonik???? kan masih banyak metode-metode membaca lainnya yang beredar disekitar kita.Hal ini disebabkan karena banyak keunggulan fonik, diantaranya :
a. Pengajaran fonik sesuai dengan kerja otak
b. Mudah dilaksanakan (dengan peraga-peraga sederhana yang bisa diusahakan sendiri)
c. Sesuai dengan karakter bahasa
d. Meningkatkan keterbacaan
e.Mengajarkan bahsa secara menyeluruh
Fonik memiliki beberapa tahapan, yaitu menyimak, berbicara, menulis dan membaca.

Menyimak
Pada tahapan ini, pembelajaran dilakukan dengan bercerita dan menyanyi.Ada panduan lagu mulai A sampai Z.

Berbicara
Pembelajaran dilakukan dengan memberikan buku gambar seri dan pertanyaan kritis pada anak. Tujuan dari 2 tahap ini adalah anak berlatih menyimak, berkonsentrasi dan memperkaya kosa kata yang dimiliki anak.

Menulis
Merupakan persiapan motorik, pengetahuan bunyi dan bentuk huruf. Tujuannya agar anak dapat konsentrasi, mengkoordinasi mata dan tangan serta mengembangkan persepsi.

Membaca
Pada tahap ini anak belajar berbahasa dari tatanan bahasa yang paling kecil sampai tingkat yang paling rumit (yaitu dari fonim, suku kata, kata frase dan kalimat) dan dimulai dari benda konkret ke benda yang abstrak.
Pada tahap membaca ada 3 level. Tapi di KBTKIT Al Uswah, target kelulusan ada di level 2. Kenapa, karena kemampuan anak di level tiga setara dengan anak kelas 5 SD (Subhanallah).

Bagaimana dengan target tiap level?????diharapkan di level 1,anak mengenal bunyi dan lambang,bisa menggambungkan dua bunyi atau lebih untuk satu suku kata , dapat membentuk kata dan anak mengetahui bahwa tiap kata punya makna. sedangkan di level 2, diharapkan anak lancar membaca mengerti bahwa setiap kata pinya makna dan tahu adab membaca.

10 thoughts on “METODE BELAJAR MEMBACA FONIK

  1. Aslkm,,,,sy sdh baca tentang penggunaan metode fonik ,,,sy tertarik ,,,cm yang sy bingungkan ,,,knp langkah-langkah penggunaan metode fonik tersebut tidak di cantumkan agar bisa di jadikan acuan bagi guru2 terutama bagi guru PAUD,,,,

    makasih…..

    • untuk lagu fonik versi bhs ind,kita punya. Alangkah lebih baik jika memperoleh lagu tersebut langsung dari sumbernya. Insya Allah jika ada pelatihan fonik akan kami info kan🙂

    • kemungkinan fonik bisa digunakan untuk pembelajaran bahasa asing. karena dasar pengajaran fonik adalah pengenalan fonem yang hampir sama dengan pengajaran bahasa inggris yang menggunakan fonetik.

    • Mohon maaf, software tidak ada. Yang ada hard copy dan yang diperbolehkan menggunakan hanya yang telah mendapatkan pelatihan fonik. Trima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s