KEKUATAN SANG GURU

Tanpa teras kebersamaan kita bersama nanda ditahun pelajaran 2008-2009 sudah hampir berakhir. Setiap detik sangat bermanfaat bagi tumbuh kembangnya potensi jiwa., akal dan motorik nanda kita tercinta. Seala upaya telah berusaha untuk kita susun melalui program KBM dan pengembangan yang sangat mendukung optmalnya proses pembinaan segala aspek perkembangan. Program-program direncanakan secara deetail agar tepat sesuai dengan tahapan perkembangan siswa. Semua program dikemas sedemikian rupa sehingga kita upayakan nanda tidak mengalami tekanan dalam terget-target pembelajaran yang lumayan banyak. Ada pembelajaran sentra dengan berbagai macam tema yang sangat mendukung perkembangan kecerdasan majemuknya, onik untuk perkembangan bahasanya, UMMI untuk kemampuan mengenal al-qur’an dan hafalan surat-surat pendek. Hasilnya alhamdulillah melalui sentuhan kasih sayang dan pendidikan paraguru-guru kita hasilnya mulai tampak. Selama hampir satu tahun kita hanya melihat perubahan besar pada diri nanda. Ada apa disitu? Adakah kita merasakan kekuatan cinta dan pengaruh dari sang guru yang mendominasi. Bahkan banyak orang tua yang merasa jealous dengan para guru putra-putrinya, karena perkataan dan nasehat guru lebih diperhatikan dan diikuti dari pada ayah bundanya sendiri. Ternyata guru memiliki ” rahasia” yang sering kali tidak diketahui orangtua.
1.Keikhlasan
Energi yang mendorong guru untuk mendidik secara amanah profesional menembus jiwa-jiwa anak kita menuntun mengikuti fitrahnya menuju kebaikan.
2.Kesabaran
Kesabaran tanpa batas membimbing anak menemukan kebenaran, menunjukkan yang haq dan batil sesuai dengan kemampuan berpikir mereka.
3.Keilmuan
Mendidik butuh teknik yang tepat dan cermat. Bagaimana cara berkomunikasi dengan siswa, cara mendongeng, memotivasi anak dll. Guru harus senantiasa belajar dan mengembangkan keilmuannya
4.Kekuatan ruhiyah
Kekuatan inilah yang akan menembus relungrelung hati anak-anak, menembus batas yang tidak bisa dicapai dengan akal.
”Suatu saat ketika bersama-sama dengan guru dan kepala sekolah lain dalam persiapan lomba pentas seni saya menyaksikan panitia yang terdiri dari para guru dan kepala sekolah, ditengah keramaian pengundian nomo, panitia tersebut marah-marah terhadap kita yang mau mengambl nomor undian, mungkinkarena panik sementara proses pengambilan tidak dimanaj dengan baik. Dan anehnya diantara para guru dan kepala sekolah yang sudah mendapatkan nomor undian begitu mereka tahu mendapat nomor besar maka mereka untuk meminta tukar ke panitia. Sekolah yang mengambil nomor belakangan mendapat nmor besar semua”. Akhirnya diulangilah proses pengambilan undian.
Cuplikan kejadian diatas membuat saya kuatir bagaomana mungkin mereka menanamkan antre yang benar terhadap siswanya kalau sang guru tidak bisa antre dengan sabar. Bagaimana anak-anak bisa belajar sportif kalau sang guru menjadi pecundang, bagaimana mereka mengajarkan anak untuk pandaimenjaga lidah dan menahan amarah tetapi sang guru mudah melakukannya didepan khalayak ramai. Kejadian yang tidak pernah saya lihat disekolah tercinta kita membuat saya bersyukur bahwa saya memiliki guru yang mampu memberikan keteladanan yang baik bagi siswanya, santun terhadap sesama kolega guru dan sangat trampil dala mengelola kegiatan- kegiatan yang cukup banyak serta sangat memperhatikan aspek psikologis dan perkembangan ketika ” menyentuh”, mengajarkan dan memotivasi sissa-siswanya. Guru harus memilikikekuatan keteladanan, kekuatan yang akan memudahkan anak-anak kita untuk mencari figur kebaikan dilingkungannya. Dan lingkungan itu adalah guru, orangtua dan masyarakat.
Kita semua beharap bahwa ditahun depan wajah dunia pendidikan kita leb cerah memberikan harapan akan kualitas guru yang semakin meningkat. Kebijakan naiknya anggaran pendidikan tidak hanya berdampak pada meningkatnya kualitas pelatihan dan pemberdayaan guru sehingga kita betul-betul punya guru yang layak dijadikan panutan. Dan yang terpenting meningkatkan kualitas pendidikandi negara kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s